Persiapan Pengajuan Judul D-III Kesehatan Lingkungan

Buat kalian yang sudah semester akhir pasti bingung ya... hmm saya mau ambil udul penelitian apa ya kira2.... udah bulak balik dari mulai cari2 masalah sampai buka buka jurnal atau artikel penelitian tp blm juga dapet ide, ada solusi tepat buat kalian khusus nya mahasiswa D-3 Kesehatan Lingkungan.
Tips pertama yang harus kalian lakukan adalah : 

Tips Pertama 
Pilih Kompetensi Kesling 
Kompetensi D-III Kesehatan Lingkungan menurut KKNI itu lumayan cukup banyak karna jurusan Kesehatan lingkungan ini kalau kita perhatikan banyak sekali kompetensi yang dipenuhi pada saat perkuliahan contohnya : Mata kuliah Penyehatan Udara, Mata kuliah Penyehatan Makanan dan Minuman, Mata kuliah Pengendalian Vektor dan Tikus, Mata kuliah Pengelolaan Limbah Cair, Mata kuliah Pengelolaan Sampah Padat, diantara contoh mata kuliah tersebut adalah mata kuliah yang keterkaitannya sangat erat dengan dunia kesehatan lingkungan. Mulailah dari sekarang km tentukan mata kuliah apa yang paling kamu kuasai selama kuliah dari semester 1-5, contoh  kalian lebih suka dengan mata kuliah pengendalian vektor dan tikus, dari mata kuliah tersebut kita bisa memanfaatkan tema apa yang akan kita ambil untuk dijadikan penelitian, misalnya kalian lebih suka, membuat penelitian yang bersifat eksperimen terutama dalam mengendalian vektor penyakit, seperti penambahan ekstrak daun sirih dengan kematian larva Aedes Aegepty, ekstrak belimbing wuluh dengan kematian larva Anopheles SP. 

Tips Kedua 
Menentukan Masalah Kesehatan Lingkungan
Tips ke dua adalah tips yang menurut saya ketika kalian sedang proses mengajukan judul ke pembimbing itu yang biasa ditanyakan pembimbing kepada mahasiswa adalah " kamu ngambil judul ini masalah nya apa?", disitu tugas kalian harus dapat menjawab alasan kalian ketika mengambil judul tersebut, Berawal dari masalah kalian bisa mencari cari masalah yang ada dari kegiatan selama kalian PBL misalnya kalian PBL di Rumah Sakit, selama PBL kita pasti menentukan prioritas masalah sampai dengan penyelesaian masalah, kita bisa ambil masalah bisa diadopsi dari laporan PBL praktek kalian di semester 5, cara menentukan masalah yang baik dan benar itu sangatlah mudah hal pertama yang harus kalian lakukan sering baca mengenai kasus kasus masalah kesehatan lingkungan yan ada di indonesia, kasus kasus lingkungan yang sedang trend atau istilahnya yang sering muncul, dari situ kalian dapat menentukan masalah apa yang akan diangkat menjadi penelitian atau tugas akhir kalian ketika meneliti. Intinya temukan dulu masalah nya baru kita bisa proses pembuatan judul, catatan nya jangan judul dulu baru cari cari masalahnya itu sama sekali tidak bagus atau tidak baik dalam penentuan judul penelitian yang akan kalian ambil. 

Tips Ke Tiga 
Penentuan Judul dan Membuat Judul 
Penentuan judul kadang kendala terberat pada saat proses pengauan penelitian, kita lihat kembali di tips ke 2 bahwasanya kita harus menemukan masalah terlebih dahulu. Pembuatan Judul yang baik dan benar itu berdasarkan Isu Isu terkini, memiliki variabel yang jelas, dan menarik, buat kalian yang masih bingung juga untuk pennetuan mau ngambil judul apa ya?... kalian bisa akes lewat jurnal jurnal yang online beberapa contoh jurnal onlien yang open acses : DOAJ, SINTA, ARJUNA dan lain lain dari tiga jenis jurnal yang bisa Open Acses untuk sementara ini yang saya ketahui adalah DOAJ disitu terdapat pilihan pilihan jurnal yang dapat kita akses secara gratis, lumayan untuk nambah nambah reverensi kalian ketika kalian akan melakukan penelitian,

Tips Ke Empat 
Referensi Penelitian 
Mulailah dari sekarang untuk mengumpulkan referensi referensi penunjang penelitian kalian yang akan diteliti, sehingga pada saat nya tiba kalian tidak perlu repot repot dalam mencari referensi. 

itu adalah Tips dari saya ketika kalian akan melakukan proses pengauan judul, penelitian adalah proses dimana kalian menjadi seorang mahasiswa yang fikiran nya sudah ilmiah, karna tugas akhir itu adalah salah satu syarat untuk memegang gelar AMD.Kl, tetap keep spirit, tidak usah dijadikan beban dan sering sering lah kalian bertanya pada dosen pembimbing kalian agar mendapat arahan dan masukan. kalian bisa coment atau tanya mengenai pengajuan judul itu harus gimana gimananya....

Wassalamualaikum mudah mudahan tips dari saya bisa membuat kalian semakin pintar dan semakin yakin dalam mengajukan judul kepada pembimbing. 

....Semangat dan Keep Spirit...




  1. Pilih Kompetensi Kesling 
  2. Menentukan Masalah Kesehatan Lingkungan 
  3. Referensi Mulai di kumpulkan 

1 komentar:

michelle said...

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

Post a Comment